PENGERTIAN SERTA MACAM DAN TEKNIK START LARI OLAHRAGA ATLETIK

iklan

PENGERTIAN SERTA MACAM DAN TEKNIK START LARI OLAHRAGA ATLETIK

ATLETIK, pasti kalian sudah paham apa itu Atletik kan! Salah satu cabang dari Olahraga Atletik adalah Lari. Nah kali ini PEDIA SPORT kan membahas lebih dalam macam-macam satar yang digunakan dalam perlombaan lari.

PENGERTIAN START DALAM LARI
START yaitu suatu sikap serta gerakan awal untuk memulai lari. Nah mudah sekali kan pengertian Start heheh. Start dalam lari sendiri ada 3 macam.
MACAM-MACAM atau JENIS-JENIS START OLAHRAGA ATLETIK
1. START BERDIRI  atau STANDING START
2. START MELAYANG atau FLYING START
3. START JONGKOK atau CRUCHING START

PENJELASAN MASING-MASING JENIS START
1. START BERDIRI / STANDING START
Biasa digunakan untuk nomor lari jarak menengah dan nomor lari jarak jauh atau marathon. Aba-aba dalam start berdiri/standing start sendiri ada dua tahapan yaitu: "bersedia" dan "yak / bunyi pistol"

2. START MELAYANG / FLYING START
Star Melayang biasa digunakan pada lombar lari estafet, yaitu pada pelari nomor kedua, ketiga, dan keempat. Dimana pelari kedua, ketiga, dan keempat akan lari terlebih dahulu sbelum menerima tongkat estafet dari pelari sebeumnya ( asih berada di wissel zone/daerah serah terima tongkat).

3. START JONNGKOK / CRUCHING START
Start Jongkok digunakan pada lari jarak pendek. Aba-aba dalam start jongkok ada tiga tahapan yaitu "bersedia", "siap", dan "yak/bunyi pisto". 
Khusus Start Jongkok sendiri masih dibagi menjadi tiga macam start yaitu :
a. Start Pendek atau Short Startbunc Start : Posisi start macam ini diukur 16 inci dari garis start sampai block start depan.
b. Start Menengah atau Medium Start : Posisi start diukur 21 inci dari garis start sampai block start depan.
c. Start Panjang atau Long Start : Posisi start diukur 21 inci dari garis start sampai block start depan, dengan jarak 26 inci diantara block.
iklan

0 Response to "PENGERTIAN SERTA MACAM DAN TEKNIK START LARI OLAHRAGA ATLETIK"

Post a Comment